AMELIYA PUSPA NINGRUM


Lakukan Yang Terbaik Hari Ini

Sistem Cerdas

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan riview dari materi perkuliahan Komputer Cerdas mengenai sistem cerdas yang disampaikan oleh bapak DR. Soegianto Soelistiono.

semoga bermanfaat yaa.. :)

Ketika kita berbicara sistem cerdas maka berbicara tentang Kecerdasan Buatan. Kecerdasan buatan adalah kercedasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah, atau biasa disebut Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence (AI) merupakan bagian dari ilmu computer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan computer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan robotika. Kecerdasan buatan dapat dipandang dari sudut pandang, antara lain :

  • Sudut Pandang Kecerdasan

Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi ’cerdas’ yaitu mampu berbuat seperti apa yang dilakukan oleh manusia.

  • Sudut Pandang Penelitian

Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar computer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia.

Berikut ini adalah contoh-contoh teknologi sistem cerdas :

  1. Sistem pakar

Menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan informasi-informasi tersebut.

  1. Logika Fuzzy

Logika fuzzy merupakan metodologi pemecahan masalah dengan beribu-ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dalam pemrosesan informasi. Logika fuzzy menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulanpasti dan informasi yang ambigu, samar-samar, atau tidak tepat.

  1. Robotika

Robot merupakan suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, dan menganalisa lingkungannya serta dapat melakukan tindakan-tindakan yang terprogram. Robot banyak digunakan dengan maksud-maksud tertentu dan yang paling banyak adalah untuk keperluan industri. Diterapkannya robot untuk industri terutama untuk pekerjaan 3D.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :