AMELIYA PUSPA NINGRUM


Lakukan Yang Terbaik Hari Ini

Interpolasi, Ekstrapolasi, Regresi dan Bilangan Random

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan riview dari materi perkuliahan Pemodelan Fisika mengenai kapan digunakan Interpolasi, Ekstrapolasi, Regresi dan Bilangan Random yang disampaikan oleh bapak DR. Soegianto Soelistiono.

semoga bermanfaat yaa.. :)

1. interpolasi

interpolasi adalah metode menghasilkan titik-titik data baru dalam suatu jangkauan dari suatu set diskret data-data yang diketahui. Interpolasi digunakan untuk memperkirakan suatu fungsi,  yang mana fungsi tersebut tidak terdefinisi dengan suatu formula, tetapi didefinisikan hanya dengan data-data atau tabel, misalnya tabel dari hasil percobaan. Dalam teknik dan sains, seringkali seseorang memiliki sejumlah titik data yang didapatkan melalui pengambilan sampel atau eksperimen, mewakili nilai-nilai suatu fungsi dengan jumlah nilai variabel bebas yang terbatas. Seringkali diperlukan mengekstrapolasi (alias memperkirakan) nilai fungsi tersebut pada nilai variabel bebas di pertengahan. Hal ini dapat dicapai melalui pencocokan kurva atau analisis regresi.

Sebuah permasalahan berbeda yang berhubungan dekat dengan interpolasi adalah pendekatan/aproksimasi suatu fungsi kompleks melalui suatu fungsi sederhana. Seandainya formula untuk suatu fungsi tertentu diketahui namun terlalu rumit untuk dinilai secara efisien, maka beberapa titik data yang diketahui dari fungsi asli tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan suatu interpolasi berdasarkan suatu fungsi yang lebih sederhana. Tentu saja, ketika suatu fungsi yang lebih sederhana digunakan untuk memperkirakan titik data dari fungsi asli, biasanya muncul kesalahan interpolasi; namun tergantung pada domain masalahnya dan pada metode interpolasi yang digunakannya, keuntungan dari kesederhanaan/kemudahannya lebih menguntungkan daripada hasil berkurangnya keakuratan.

2. Ekstrapolasi

Ekstrapolasi adalah suatu teknik peramalan dengan memproyeksikan kecenderungan-kecenderungan masa lalu ke masa depan. Dengan kata lain pengertian ekstrapolasi berhubungan dengan tingkat dan jenis perubahan yang terjadi di masa lalu digunakan sebagai bahan untuk meramalkan perubahan perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa yang akan datang. Ekstrapolasi merupakan teknik peramalan sebagai instrumen perencanaan yang digunakan untuk minimalisasi ketidaktepatan perencanaan. ekstrapolasi adalah proses memperkirakan nilai suatu variabel melampaui interval pengamatan aslinya berdasarkan hubungannya dengan variabel lainnya.

Ekstrapolasi itu mirip dengan interpolasi, yaitu menghasilkan perkiraan di antara hasil pengamatan yang diketahui, namun ekstrapolasi itu rentan terhadap ketakpastian yang lebih tinggi dan terhadap risiko yang lebih tinggi dalam menghasilkan hasil yang tidak bermakna. Ekstrapolasi dapat juga berarti memperluas metode, yaitu dengan mengasumsikan metode yang mirip dapat diaplikasikan. Ekstrapolasi juga dapat diterapkan pada pengalaman manusia untuk memproyeksikan atau memperluas wawasan dari pengalaman yang telah dialami ke dalam bidang yang tidak diketahui atau belum pernah dialami sebelumnya agar dapat mengetahui (biasanya bersifat dugaan) hal yang belum diketahui itu. (cth. pengemudi mengekstrapolasikan kondisi jalanan di luar batas penglihatannya).

3. Regresi 

Regresi adalah suatu metode analisis statistik yang digunakan untuk melihat pengaruh antara dua atau lebih variabel. Hubungan variabel tersebut bersifat fungsional yang diwujudkan dalam suatu model matematis. Pada analisis regresi, variabel dibedakan menjadi dua bagian, yaitu variabel respons (response variable) atau biasa juga disebut variabel bergantung (dependent variable) dan variabel explanory atau biasa disebut penduga (predictor variable) atau disebut juga variabel bebas (independent variabel). Jenis-jenis regresi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu regresi sederhana (linier sederhana dan nonlinier sederhana) dan regresi berganda (linier berganda atau nonlinier berganda).

4. Bilangan Random

  Random adalah sesuatu yang tidak dapat diprediksi (unpredictable). Bilangan acak adalah bilangan yang tidak dapat diprediksi kemunculannya. Tidak ada komputasi yang benar-benar menghasilkan deret bilangan acak secara sempurna. Bilangan acak yang dibangkitkan oleh komputer adalah bilangan acak semu (Pesudo Random Number), karena menggunakan rumus-rumus matematika. Bilangan random (acak) adalah bilangan yang tidak dapat diprediksi kemunculannya. Bilangan random adalah bilangan sembarang tetapi tidak sembarangan. Kriteria yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Bilangan acak harus mempunyai distribusi serba sama (uniform) Beberapa bilangan acak yang diambil harus mempunyai peluang terambil sama besar.
  2. Masing-masing bilangan acak tidak saling tergantung atau independence

Sejauh ini, tidak ada komputasi yang benar-benar menghasilkan deret bilangan acak secara sempurna. Bilangan acak yang dibangkitkan oleh komputer merupakan bilangan acak semu (Pseudo Random Number), karena menggunakan rumus-rumus matematika. Banyak algoritma atau metode yang dapat digunakan untuk membangkitkan  bilangan acak. Bilangan acak dapat dibangkitkan dengan pola tertentu yang dinamakan dengan distribusi mengikuti fungsi distribusi yang ditentukan.



Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :