AMELIYA PUSPA NINGRUM


Lakukan Yang Terbaik Hari Ini

Pendahuluan Fisika Statistik

Konsep Dasar Fisika Statistik


"Fisika Statistik" apa yang kita pikirkan ketika kita mendengar kalimat ini ?

pentingkah Fisika Statistik dalam ilmu fisika?


Fisika Statistik terdiri dari dua kata yaitu Fisika dan Statistik. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam, sedangkan Statistik adalah sebuah metode untuk memprediksikan sesuatu yang tidak jelas. Statistik didapatkan dari survey kemudian dari data yang ada kita dapat memprediksi kemudian baru timbullah yang namanya statistik. Jadi, Fisika Statistik merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari/ memprediksikan sistem banyak partikel dari segi pandang statistik.

 

dalam fisika, Statistik digunakan untuk memprediksi dinamika partikel (dinamika pergerakannya tidak jelas).  Saat kita bicara tentang Statistik maka bukan hanya satu partikel yang diprediksi, Statistik digunakan ketika ingin memprediksi pergerakan dari sejumlah partikel dari sistem (banyak partikel dalam satu sistem) dan sifat rata-rata dari sejumlah besar partikel. 


Fisika Statistik dapat digunakan pada permasalahan Termodinamika.Pendekatan statistik memiliki hubungan dekat dengan termodinamika. Termodinamika akan menyinggung tentang partikel/ gas berinteraksi dengan partikel/ gas yang lain. Untuk itu, sistem partikel di mana energi partikel bisa ditentukan, kita bisa menurunkan dengan statistik mengenai persamaan keadaan dari suatu bahan dan persamaan energi bahan tersebut. Termodinamika statistik memberikan sebuah penafsiran/ prediksi tambahan tentang pergerakan dari partikel-partikel tersebut. Dengan menggunakan fisika statistik maka kita dapat menghitung probabilitas dari partikel tersebut.


Dari sedikit penjelasan diatas kini kita bisa ketahui apa sih perbedaan ilmu statistik fisika dengan statistik yang lain.  Statistik yang digunakan pada bidang sosial politik, akan membahas tentang trend yang ada. Data-data yang telah ada akan diolah menjadi suatu kesimpulan. Sedangkan statistik dalam fisika akan menggunakan permodelan-permodelan dari kasus yang tak bisa dipecahkan.

 

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">